Apa Itu Keyword dan Pengaruhnya Dalam SEO?

Kata Kunci - Keyword, Apa Itu?

Kata kunci atau dalam terminologi SEO lebih dikenal sebagai keyword merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SEO itu sendiri. Tidak ada kesempatan dimana orang berdiskusi mengenai SEO tanpa menyebut kata yang satu ini. Saking populernya, mulai saat ini saya akan menggunakan istilah keyword. Seberapa pentingnyakah keyword dalam teknik SEO?

Kata Kunci - Keyword, Apa Itu?

Secara sederhana keyword berfungsi untuk mendaftarkan dan menyusun halaman website di dalam database mesin pencari untuk keperluan pencarian. Mesin pencari akan menyimpan data mengenai halaman tertentu di dalam database berdasarkan keyword.

Pada saat seseorang melakukan pencarian, mesin pencari menggunakan keyword untuk menentukan apakah halaman website tersebut perlu ditampilkan sebagai salah satu halaman yang dicari. Meskipun selintas kedengaran seperti sederhana, dengan milyaran halaman website dari seluruh dunia, dibutuhkan sistem yang sangat canggih untuk memungkinkan hasil pencarian diberikan hanya dalam hitungan detik saja.

Dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni untuk dapat memilih keyword yang yang sesuai dengan suatu halaman website sehingga dapat memperoleh ranking yang tinggi pada mesin pencari, dan mendapatkan pengunjung yang diharapkan.

Pengelola website-website komersial berskala besar mengucurkan dana dalam jumlah besar untuk membayar konsultan hanya untuk mendapatkan keyword yang tepat. Menggunakan keyword yang populer dengan efektif membuat website lebih mudah ditemukan oleh pengunjung potensial, alih-alih terkubur di halaman-halaman belakang daftar hasil pencarian, begitu jauh sehingga orang tidak mau bersusah payah untuk membuka halaman demi halaman lebih jauh lagi.

Ada beberapa sistem untuk membantu kita menemukan kata kunci yang sesuai, yang tersedia secara online. Penggunaansistem tersebut dengan benar dapat membantu kita dalam melakukan riset untuk mencari kata kunci yang tepat. Memahami manfaat kata kunci, dimana bisa menemukannya, bagaimana memilihnya, dan menggunakannya dengan tepat pada halaman website kita akan menentukan sukses tidaknya sebuah website.

Dua sisi yang perlu diperhatikan dalam memilih kata kunci adalah (1) kata kunci harus mencerminkan isi halaman website kita secara keseluruhan (2) kata tersebut adalah kata yang akan dituliskan calon pengunjung potensial pada mesin pencari jika membutuhkan informasi atau produk yang terkandung pada halaman website. Kata tersebut kemudian akan terus kita pakai dalam proses SEO.

Penempatan yang tepat dari kata kunci dipilih pada halaman website kita akan menentukan apakah halaman website tersebut akan ditampilkan pada 20 tempat teratas atau terkubur di halaman-halaman belakang, jika seseorang melakukan pencarian terhadap kata kunci tersebut pada mensin pencari. Riset menunjukkan sangat jarang pengunjung yang membuka lebih dari halaman kedua hasil pencarian.

Bayangkanlah jika anda mencari pegawai wanita untuk ditempatkan di bagian akuntansi pada perusahaan anda, pada database pencari kerja. Anda mulai mencari dengan jenis kelamin ?wanita?, misalnya saja database menunjukan hasil 400 orang dari 1000 orang yang ada dalam database.

Kemudian anda mempersempit menjadi ?wanita lulusan S1?, pencarian akan semakin sedikit, mungkin menjadi 100 saja. Lebih dipersempit lagi menjadi ?wanita lulusan S1 akuntansi?, berkurang lagi menjadi tinggal 20 saja. Demikian seterusnya, semakin sempit fokus pencarian semakin sedikit hasil yang ditampilkan tetapi semakin relevan dengan kebutuhan.

Dari sisi yang berlawanan tentunya anda bisa membayangkan bahwa memilih fokus kata kunci yang tepat memberi anda kesempatan lebih besar untuk mendapat ranking lebih baik karena hasil pencarian yang dihasilkan lebih sedikit. Selain itu, kemungkinan lebih besar pengunjung yang datang akan menemukan website anda relevan dengan kebutuhan mereka.

priatna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *