Cara Mengobati Nyeri Sendi Lutut

Cara Mengobati Nyeri Sendi Lutut

Bagi anda yang gemar berolahraga mungkin anda sudah pernah merasakan cedera atau nyeri pada sendi lutut anda. Hampir seluruh cabang olahraga menggunakan kinerja kaki yang juga ditopang oleh sendi lutut untuk dapat bergerak lebih baik. Olahraga seperti lari, bulu tangkis, sepak bola, renang, basket dan juga olahraga yang lain memerlukan kinerja kaki dimana lutut memang dituntut untuk dapat bergerak dengan cukup keras.

Cara Mengobati Nyeri Sendi Lutut

Namun ketika anda merasakan nyeri pada lutut anda, anda membutuhkan cara mengobati nyeri sendi lutut dengan benar, sebab jika memang penangannya salah atau bahkan cedera pada sendi lutut anda menjadi lebih parah, anda tentu akan terus merasakan sakit pada sendi lutut anda. Bukan hanya ketika berolahraga, namun ketika berjalan biasa pun terkadang akan terasa sakit.

Bagi anda yang suka merasakan nyeri pada sendi lutut, kami akan memberikan tips meredakan atau cara mengobati nyeri sendi lutut pada anda di bawah ini

  • Panaskan sendi – disini bukan berarti sendi anda harus dibakar atau didekatkan dengan api, namun cukup mengompres atau merendam sendi lutut anda menggunakan air hangat, atau anda juga dapat memasukan air panas dalam botol kaca untuk mengompres sendi lutut anda. Lakukan hal ini beberapa kali dalam satu hari selama 20 menit.
  • Istirahatkan sendi lutut – ketika kita berjalan, sendi lutut terbebani berat badan kita. Pada saat sendi lutut anda merasa nyeri istirahatkan dengan berbaring hingga 12 Jam agar lutut tidak bekerja terlalu berat.
  • Gunakan Alat bantu – ketika anda dalam proses penyembuhan, lutut tidak boleh dibebani terlalu berat. Ada baiknya jika anda tidak bisa mengistirahatkan lutut, anda gunakan alat bantu seperti tongkat yang akan mengambil berat badan anda ketika berjalan.
  • Komsumsi makanan kaya akan kalsium – tentu kita sudah mengetahui manfaat kalsium dalam tulang kita. Oleh karena itu perbanyak makan makanan seperti kacan polong, buncis, sarden, dan produk susu tinggi kalsium.
  • Strecing – Strecing bukan hanya dilakukan sebelum olahraga saja, namun ketika anda sedang tidak ada kegiatan strecing juga bagus dilakukan ketika anda sedang mengalami nyeri sendi lutut. Hal ini untuk melatih otot-otot sekitar lutut untuk mengurangi rasa sakit ketika digunakan. Fokuskan kepada bagian sekitar lutut, seperti paha dan betis.
  • Olahraga – ketika sudah diperbolehkan oleh dokter anda, anda juga harus sedikit berolahraga, namun jangan melakukan gerakan yang sangat membebani lutut. Olahraga yang dapat anda lakukan adalah berjalan, bersepeda, joging ringan dan lainnya. Hal ini juga untuk menjaga berat badan anda agar lutut tidak menopang berat badan yang terlalu berlebih.

Berikut beberapa tips atau cara mengobati nyeri sendi lutut. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

priatna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *